Sambal Goreng Jatim Ati Kentang by Shinta Hilya


Sambal Goreng Jatim Ati Kentang
by Shinta Hilya

Tips dari bikin sambal goreng ini adalah bumbu yang digoreng harus benar benar matang agar tidak langu tandanya matang apabila warnanya telah merah tua.
Banyak sekali variasi bumbu dan bahan utama dari sambal goreng ini, ada yg menggunakan bakso cumi, tahu, tempe, dan masih banyak lagi. Saya pribadi paling menyukai bila bahan utamanya hati ayam dan kentang. Tidak disarankan menggunakan bumbu instan yaa pada pembuatan sambal goreng ini karena akan membuat bau dan rasa yg kurang sedap pada bumbu. Semoga bunda berkenan dengan resep saya ini.. Selamat mengeksekusi. ..

Bahan-bahan:
4 porsi

1 kg kentang
8 pasang hati ayam

Bumbu halus :
12 siung bawang merah
8 siung bawang putih
1 genggam kemiri
1/2 ons cabe keriting
1 genggam cabe rawit (optional)

Bumbu cemplung:
2 batang kecil serai
4 cm laos (geprek)
2 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk
3 sdm gula merah

Langkah:
1. Kupas kentang, potong dadu dan goreng hingga kering kuning keemasan.



2. Rebus hati hingga air nya menyusut sisakan airnya untuk kaldu sambal goreng.



3. Sambil menunggu gorengan kentang dan hati matang siapkan bumbu-bumbu.Blender terlebih dahulu bawang merah, bawang putih dan kemiri dengan minyak sampai halus. Lalu masukkan cabe keriting yg sudah dipotong agak pendek. Blender nya gausa halus-halus yaa biar ada efek-efek lomboknya (matikan hidupkan pencetan blender)



4. Tumis hingga bumbu matang dan aneka daunnya layu.



5. Masukkan kaldu ati dan tunggu sampai menyusut seperti ini.



6. Kemudian masukkan hati yang telah dipotong-potong jangan terlalu kecil juga kentang nya. Beri sedikit dulu garam, kaldu dan gula (tambahkan kecap bila suka warna agak gelap). Koreksi rasa baru setelah itu tambah garamnya bila kurang. Sebab hati dan kentang sudah cukup gurih.



7. Aduk sampai bumbu melekat sempurna. Ready to serve.