Kari Ayam Terong by Lenny Setiawan



by Lenny Setiawan

Gampang bgt masakan yang satu ini, biasanya suka saya tambah telur rebus dan tahu tapi kali ini terong aja. Enak dan gurih.... bisa ngabisin nasi sebakul nih.. x_x :D resep ini jg kadang saya masak buat lebaran krn mudah dan cepat buatnya.


Bahan-bahan
1/2 ekor ayam
1 buah terong ungu
2 batang serai
2 cm lengkuas
2 cm kayu manis
3 butir cengkeh
500 ml santan
bumbu halus:
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 butir kemiri
1 sdm ketumbar, sangrai
1/2 sdt jintan, sangrai
1 buah cabe merah besar
1 cm kunyit
secukupnya garam
bila suka kaldu bubuk
2 sdm air asam jawa


Langkah

Ayam dibersihkan lalu potong2 lumuri dgn perasan jeruk nipis diamkan 10 menit. goreng setengah matang, tujuannya agar daging tdk mudah hancur. Terong dipotong jadi 6 bagian rendam air garam agar tdk berwarna kecoklatan.
Haluskan bumbu.


Tumis bumbu halus dengan minyak goreng aduk2 lalu masukan serai, lengkuas, kayu manis dan cengkeh. Tumis hingga harum lalu masukan ayam dan terong. Tambahkan air sedikit aduk sesekali. Bila terong sdh mulai matang masukan santan aduk agar santan tdk pecah, masukan garam/kaldu bubuk dan air asam jawa.====air asam ini yg membuat kari ayam ini lebih nikmat (ilmu dr ibu saya, dan emang bener loh beda rasanya kalo ga pake air asam)


Tes rasa, bila sdh pas dan ayam+terong sdh matang matikan api. sajikan dgn taburan bawang goreng... sedap mantap deh... ^_^