Terung Jari Tauco Khas Medan dan Sekitarnya by Sat Rahayuwati



by Sat Rahayuwati

#MasakanSumatera. Suka dengan masakan terung jari tauco yang banyak diolah masyarakat Medan dan sekitarnya. Paduan terung jari, cabai hijau, tauco memberikan rasa unik tersendiri... Resep dari ART yang bekerja di rumah..


Hasil jadi: 4 porsi
Bahan-bahan
150 gram Terung jari
200 gram Udang
150 gram Tahu
5 buah Cabai hijau
5 buah Cabai rawait
4 siung Bawang putih
4 buah Bawang merah
2 sendok makan Tauco
2 lembar Daun salam
1 cm Lengkuas
2 cm Jahe
secukupnya Minyak goreng
1/2 sendok teh Royco
1/2 sendok teh Saus tiram
1/4 batang Serai


Langkah

Siapkan bahan-bahan. Udang utuh diberi sedikit garam dan royco, kemudian goreng dengan minyak secukupnya hingga kecoklatan dan matang. Tahu dipotong dadu kemudian digoreng setengah matang.


Terung jadi dipotong jadi dua, dibelah kemudian direndam dalam air. Cabai rawit dirajang halus. Cabai hijau dipotong panjang serong. Bawang putih dan bawang merah diiris tipis.


Tumis bawang putih hingga kecoklatan dengan minyak sisa menggoreng udang dan tahu. Masukkan bawang merah, cabai rawit, cabai hijau, 2 sdm tauco ambil kedelainya, salam, lengkuas , serai. Parut jahe, beri air panas kemudian masukkan dalam tumisan bumbu.


Masukkan terung jari. Tambahkan air hingga kira-kira "nyemek" (ada air tapi tidak banyak). Masukkan udang dan tahu goreng. Tambahkan royco dan saus tiram. Garam tidak perlu karena tauconya sudah asin. Sajikan sayur dengan nasi atau lontong.