Pecel Kuah Terong Bakar by Dita



by Dita

Sudah dari beberapa hari yg lalu ngidaaaam banget pengen makan pecel terong. Kangen sama masakan almarhumah mbah ibuuuk huhuu 😢 dulu sering dimaskin ini kalo di Kediri. Akhirnya niatin deh bikin sendiri nanya² ke mamah bumbunya apa, eh pas mau masak ada yg kelupaan bumbunya, lupa beli kemiri hwaaa yaudahlah ya berhubung hasrat pengen makan pecel terongnya udah menggebu² tak tertahankan tetep ajalah dibikin biarpun tanpa kemiri 😂. Baru pertama kali juga masak sendiri menu ini jadi seperti biasa bikinnya dikit buat satu kali makan, dan cuman terong doang, biasanya sih kalo liat menu ini kumplit ada tempe bakarnya, daun kemangi kayak gitu². Tapi ini khusus terong pokonya hahaa 😂 utak-utek di dapur akhirnya jadi deh pecel kuah terong bakarnya pas cobain terharu alhamdulillah kesampean makan ini dan tak disangka tak dinyana rasanya enaaaak pake banget sesuai lidah aku, padahal baru pertama bikin karena emang sebelumnya kalo masak yg simpel² aja, ini juga simpel sih hahaa gpplah yaa sedikit lebay baru belajar masak. Mungkin hikmah yg bisa dipetik dari masak hari ini "jangan takut mencoba, jangan takut gagal" 😂😂


Hasil jadi: ± 2 porsi
Bahan-bahan
1 buah terong ungu
± ½ cm kunci
± ½ cm kunyit
2 siung bawang putih
1 siung bawang merah
1 buah cabai merah keriting
2 buah cabai rawit merah
2 lembar daun jeruk
± 30 ml santan kental
secukupnya garam
secukupnya gula putih
secukupnya penyedap rasa
sedikit merica bubuk
secukupnya air
secukupnya minyak goreng


Langkah

Cuci bersih terong, potong memanjang berbentuk kipas jangan sampai putus atau potong sesuai selera, lalu bakar diatas teflon yg telah diolesi dg sedikit minyak dengan api kecil sampai matang kecoklatan.
Kupas, cuci bersih dan haluskan semua bumbu² halus (bawang merah, putih, kunci, kunyit, cabai merah keriting).
Panaskan sedikit minyak pada penggorengan tumis bumbu halus hingga harum, masukkan sedikit air, cabai rawit merah utuh, garam, gula, penyedap rasa, merica bubuk, dan daun jeruk yg diiris tipis².
Masukkan santan kental, aduk² ratakan. Masak dengan api kecil agar santan tidak pecah dan jadi encer. Koreksi rasa, jika sudah sesuai masak hingga kuah pecel meletup² lalu matikan api.
Tata terong bakar dan siramkan kuah pecel diatasnya. Pecel Kuah Terong Bakar siap disantap 😘 yummy.. 😋