Sambal Santan 3T (Terong, Tempe, Teri) Kemangi by ayyu Yoo


Sambal Santan 3T (Terong, Tempe, Teri) Kemangi
by ayyu Yoo

Bikinnya dadakan banget. Kenapa? Karena cuma seadanya banget, #sering padahal seperti itu. ;) Maklum ya stok sedikit2 kadang asal beli blm kemasak.. di kulkas ada terong, tempe sedikit, Ama ingat ada teri juga dan ternyata kemarin masih ada daun kemangi juga.. Taraaa... diolah semua biar bersih kulkasnya..
Pas udah bikin bumbu. Uleg2 eh ternyata malah Pawonnya habis kencurnya. Malas keluar kalau dah di dapur belum selesai terpaksa Lari ke bakul sayur sampai 2penjual habis semua, akhirnya minta tetangga seberang jalan untung saja akrab. Alhamdulillah dapat, si kecil ini sangat mempengaruhi citra masak yg diinginkan. Aroma nya yg khas dan humm menggugah selera.

Bahan-bahan:
2 buah terong (secukupnya)
1 papan tempe (secukupnya)
Sedikit teri (seadanya) :)
Sedikit kemangi (seadanya)
7 biji cabe rawit (selera)
5 biji cabe merah besar (selera)
4 butir bawang merah
2 butir bawang putih
Sedikit Kencur (secukupnya)
1 / 2 butir kemiri
secukupnya Garam, gula Jawa, gula pasir
secukupnya Kara
secukupnya Air
Minyak untuk menumis
Wajan + kompor tentunya ;)

Langkah:
1. Potong sesuai selera tempe dan terong


2. Siapkan bumbu ya semua dihaluskan


3. Panaskan minyak, tumis bumbu tunggu sampai harum. Tambahkan garam, gula Jawa, gula pasir dikira2 aja secukupnya dulu.
4. Masukkan tempe, teri dan terong yang sudah disiapkan. Tunggu sampai layu. Tambahkan air sedikit. Jika sudah layu masukkan santan kara cair (selera bisa juga santan kelapa asli). Tambahkan air sedikit lagi. Tunggu sampai mendidih.
5. Yang terakhir primadonanya daun kemangi masukkan untuk menambah aroma sedap dalam masakan. Icipi sedikit jika sudah pas angkat masakan. Matikan kompor
6. Sambal 3T Kemangi siap dihidangkan bersama nasi dan kripik/ Krupuk. Selamat menikmati